Kosongempat’s Weblog

Alumni Budi Luhur Angkatan 04

Si DIA jangan sampai Mandi Bola

Dear all.. aku mau sharing aja ini kejadian baru nimpa anak bekas tetangga di bandung .. Tapi aku cuma cerita garis besarnya aja karena secara detil ngga banyak tanya krn ibunya masih stress .. jadinya ga tega.

Pas hari libur, sabtu/minggu pasti seperti biasa pasti orang tua pingin ajak anaknya main.. tetanggaku dia ajak anak perempuannya umur 3,5th mandi bola di BSM ( Bandung ). Ngga ada feeling apa2.. anaknya senang main2.

Setelah itu besoknya dia masih sekolah (Pre-School) spt biasa.. ngga ada tanda2 apapun. Tapi tiba2 hari ke 4 setelah dia mandi bola itu, tanpa gejala apapun, tau2 dia ngga bisa jalan.. anak-nya pun ngga mengeluh ada gejala sakit apapun.. dia cuma nanya dengan polosnya ke ibunya “mama.. kok Riska ngga bisa jalan ya ma”…

Akhirnya sama ibunya dia langsung dibawa ke RS.Boromeus Bandung … dan itupun setelah diperiksa sama DSA, ngga langsung ketahuan sebabnya. Kenapa tiba2 lumpuh… Sampai akhirnya setelah pemeriksaan dokternya, Riska dikasih antibiotik macem2 yg memungkinkan buat ngobatin sakitnya itu..karena menurut dokternya ini kena kuman.

Akhirnya, besoknya Riska dirujuk ke RS.Hasan Sadikin karena ada DSA yg menangani kasus spt ini. Selidik punya selidik, akhirnya DSA di Hasan Sadikin menemukan bahwa Riska kena virus ipd, yg menyebarnya virus melalui sumsum tulang belakang.. sampai akhirnya akan merambat ke otak.

Karena itu, Riska disuntik setiap hari yang harga suntikannya 6jt/suntik. Untuk mencegah virus itu berhenti menyebar agar ngga ke otak. Menurut dia, memang virus ini masih jarang di indonesia dan belum diwajibkan sama IDA I. Tapi mulai ada penyebaran virus ini yang menyerang terutama pada balita dan orang tua di atas 60.

Saat ini Riska masih dalam perawatan, dan masih disuntik tiap hari 6jt itu. Tapi menurut Riska (untung anaknya masih bisa komunikasi), sekarang kakinya mulai kerasa kesemutan biarpun dia masih lumpuh..

Dokternya tidak bisa menjamin apa2, tapi hanya berusaha untuk mencegah penyebaran virusnya. Ibunya bingung dan tanya darimana virusnya dateng.. dokternya pun ngga bisa bilang kalo itu karena mandi bola.

Tapi saat aku cerita ke kakak iparku, dia ternyata ada pengalaman anak temen kantornya yang kena virus yg sama, dan persis kejadiannya setelah mandi bola juga.

Menurut DSA temen kakakku itu, tempat mandi bola memang merupakan lokasi penularan paling bagus untuk virus apapun, terutama di tempat2 umum. Karena jarang sekali pihak taman bermain itu mencuci bola2 tsb, dan dengan ruangan yg tertutup dan lembab, tidak kena sinar matahari, tempat mandi bola jadi tempat bersemayam-nya virus.

nb : Forward Email dari milis kesehatan

October 21, 2008 - Posted by | Sekitar Kita | , ,

15 Comments »

  1. Waduh ngeri juga yah… mending cari permainan yang lain aja, masih banyak…

    Comment by Popok Bayi | November 22, 2013 | Reply

  2. iya, memang agak ngeri ngeliat permainan yang sebenernya menyenangkan bagi anak2 tapi karena engga di maintenance dengan baik jadi sesuatu yang mengerikan untuk para orang tua

    Comment by gunsanadi | November 10, 2008 | Reply

  3. iya sama tuh kayak anak gw juga, tapi anak gw ndak sampe lumpuh
    Anak gw cuma dapat gatal2 di sekitar kaki, bukan biang keringat, tapi kata dokter, kuman/bakteri.
    Untung sekarang sudah sembuh.
    Gw juga jadi takut mo kase main lagi anak gw di mandi bola.

    Comment by Fred | November 10, 2008 | Reply

  4. Jadi kapan berenangnya? Lho.. *lost focus*

    Comment by iRene | October 29, 2008 | Reply

  5. duh kasian bener de riska nya… Kira2 klo kayak gitu bisa sembuh apa gak yah??
    Mamanya pasti sedih banget, niatnya mo nyenengin anak eh malah dapet musibah. Mudah2an cepet sembuh yah semua anak2 yang lagi merasakan sakit yang sama…

    Comment by Rhanie | October 27, 2008 | Reply

  6. pantezan…
    bow bow apa…gituu…di fti..😛

    *lari ngumpet*

    Comment by dharto | October 22, 2008 | Reply

  7. ga heran….
    *jinjit kabur*

    Comment by gunsanadi | October 22, 2008 | Reply

  8. makanya ..kayak gw aja.. Nga Mandi Bola.. Nga Mandi Uap.. Nga Mandi Aer.. Pokok Nya “Hidup Nga Mandi !!!!!!”

    Comment by dewi | October 22, 2008 | Reply

  9. engga😐
    kan cuman suruh tanya aja….

    Comment by gunsanadi | October 22, 2008 | Reply

  10. koq tanya ke w sih..????

    mang kita pernah berenang pa …????

    Comment by dHarto..!! | October 22, 2008 | Reply

  11. :)) huakakakakakak.parah.. kalian sesama.. :p

    Comment by cutfarathamrin | October 21, 2008 | Reply

  12. Coba dong tanya si darto…..😀

    Comment by gunsanadi | October 21, 2008 | Reply

  13. iya ya, tapi gw gak bisa berenang gimana donk??
    oiya, lo dah bisa berenang juga blom gun?? Oups…

    Comment by nanda | October 21, 2008 | Reply

  14. iya nda, makanya kita jangan biarkan keponakan kita
    mandi bola dimanapun….
    lebih baik ajak ke kolam renang sekalian, yang udah jelas maintenance-nya….
    oh iya, gw ada tips: klo berenang di suatu tempat tanyain ke orangnya kolam dikuras tiap berapa hari sekali n hari apa itu… nah ntar kita berenang satu hari setelah di bersihin deh😀 jadi kita dapet kualitas air yang terbaik.

    Comment by gunsanadi | October 21, 2008 | Reply

  15. Kasian ya…

    Comment by nanda | October 21, 2008 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: