Kosongempat’s Weblog

Alumni Budi Luhur Angkatan 04

Efek Domino: Buang sampah pada tempatnya

Cara yang paling efektif

Memang dari SD atau bahkan dari TK kita sudah diajarkan untuk dapat membuang sampah pada tempatnya, tapi apa yang terjadi… kita masih terlalu acuh dengan masalah ini. Seringkali kita tidak memikirkan apa efek yang terjadi pada orang lain karena ulah kita ini. Mari kita coba bahas tentang efek domino atau efek yang akan menimbulkan efek lain karena satu penyebab.

Kita mulai dengan sebuah angan-angan bahwa semua orang di Indonesia ini selalu membuang sampah pada tempatnya, maka kebiasaan ini akan menimbulkan beberapa efek pada sektor kehidupan yang lain seperti:

  1. Lingkungan rumah, kota, dan negara kita yang pasti jadi lebih bersih, sungai-sungai menjadi bersih dan dapat digunakan sebagai alat transportasi air.
  2. Dengan lingkungan yang bersih gaya berpikir orang-orang disekitarnya akan menjadi lebih ringan dan bersih juga, dengan pikiran bersih setiap orang akan sangat merasa malu untuk berbuat kesalahan, semisal berjualan di trotoar, mengetem di jalan umum, meludah sembarangan.
  3. Dan ketika kebiasaan membuang sampah pada tempatnya ini telah mendarah daging pada diri masing-masing masyarakatnya, maka kebiasaan baik ini pun akan mendorong sebuah kebiasaan baik yang lain, seperti selalu menjaga kebersihan penampilan, menjaga kebersihan rumah dan lain-lain. Setelah itu ketika dari segi penampilan dan lingkungan sudah bersih, maka hal ini pun akan mendorong diri kita masing-masing untuk hidup lebih bersih, lebih jujur, lebih pintar dalam memilah dan memilih.
  4. Kehidupan yang jujur akan sangat memberikan efek besar dalam perkembangan negara tercinta kita Indonesia, jujur adalah suatu sikap mahal yang tidak semua bisa menerapkan (tanpa terkecuali penulis). Terkadang seorang yangg jujur pun bisa menjadi berbuat curang, hal ini bisa saja disebabkan lingkungan yang memang sudah terkondisikan untuk memaklumi kecurangan. Inilah masalah kita, kita terlalu mentolerir sebuah atau banyak kecurangan.
  5. Bila kita semua sudah mampu untuk bersikap jujur, maka Tuhan tidak akan pernah ragu untuk menurunkan keberkahannya kepada kita semua. Bila sudah begitu niscaya negara Indonesia tercinta kita akan lebih maju, lebih dihargai oleh bangsa lain, mempunyai martabat dimata internasional, tidak akan pernah disepelekan oleh bangsa lain, negara kita akan menjadi negara yang besar dengan predikat negara maju bukan lagi negara berkembang.

Kalau saja spekulasi ini benar-benar terjadi, bagaiamana sikap kita? apa kita mau menjadi orang-orang yang berkontribusi membangun negri ini, atau malah kita menjadi batu sandungan dalam proses pembangunan negeri ini? sekecil apa pun perbuatan baik kita, bila dilakukan bersama-sama, bisa saja menjadi sebuah sejarah yang akan harum sepanjang masa. Selamat hari kemerdekaan RI ke-63, walau usiamu semakin senja semangat harus tetap membara.

August 14, 2008 - Posted by | efek domino, Umum | ,

14 Comments »

  1. tapi alangkah baiknya jika tidak hanya buang sampah pada tempatnya.

    sudah saatnya kita mengurangi produksi sampah setiap hari. karena bagaimanapun sampah adalah sumber perusak lingkungan.

    http://agungsmail.wordpress.com/2010/02/01/jangan-hanya-bisa-buang-sampah-pada-tempatnya/

    Comment by ismail agung | February 2, 2010 | Reply

  2. dartok:
    iya tok tq uda kirimin itu yaw.. pini era jg,😦 udah baca kok…. hiks hiks hiks… sayang…
    hilang sudah… tapi i-crave jg wenak tau tok… :p huwewewe.
    *mungkin saat’a berpindah ke lain hati??

    gun:
    amiin.. siap pak!!MERDEKA😀

    Comment by cutfarathamrin | August 23, 2008 | Reply

  3. yups,,kalian pasti lebih intelek, lebih pintar memilah dan memilih..

    suatu partisipasi nyata yang pastinya kita semua harapkan..

    untuk Dedex..
    tentang J.CO
    Udah baca email w belum?? tentang percobaan berbagai macam donut??

    * sebenernya bukan email dari w, tapi forward dari Vini dan Era

    baca deh..
    bagus banget untuk penggemar roti2an, khususnya penggemar donut.

    Comment by dharto | August 23, 2008 | Reply

  4. disitu yang menjadi tugas kita untuk mempelajari orang2 yang akan kita pilih, klo kita ga milih ya malah menjadi sebuah kesempatan bagi orang2 yang emang berniat jelek ama tanah air kita ini….. Trus waktu SMA kita kan juga diajarin tuh di pelajaran Agama, klo jangan memberikan amanah kepada seseorang yang sangat berambisius…
    Sebenernya banyak loh kecurangan di pemilu itu, dari ghost voter, DPT(daftar pemilih tetap) yang ga jelas, sampe oknum kelurahan atau perangkat pemilu yang pro terhadap salah satu calon…. Makanya tugas kita yang lain adalah

    MEMBUKA MATA, MEMBUKA HATI AWASI KECURANGAN PADA PEMILU DAN PILKADA….

    klo semua anak muda di Indonesia kita ini, turut aktif tentang masalah ini, niscaya indonesia pasti lebih jaya, karena sejarah indonesia ditulis oleh anak muda…

    Comment by gunsan | August 23, 2008 | Reply

  5. yuks qt joinan bikin frenchise J.Co dkk di Banda…😉 hehe

    eh, tp gun, kalo yg kata gun, “biasanya yg dicalonkan jadi wakil rakyat apalagi presiden itu udah doktor nda…. belum lagi harus sudah menjadi ustad n hafal banyak surat al-quran”, mang para artis n beberapa dewan yang mencalonkan diri bener2 uda memenuhi sebagian persyaratan itu?dari pada membiarkan mrk2 yang sama sekali ga punya satu karakterpun dari yang menjadi bagian persyaratan untuk ikut pemilu,gimana nasib qt n anak cucu qt n negara qt nanti?:(
    mending kaya kata nanda tu..
    udah.. cobain dulu aja gun..😀
    *siapin perlengkapan kampanye :p .huawa

    Comment by fara | August 23, 2008 | Reply

  6. @ nanda:
    lagi pula Nda, besok pemilu rencananya nggak di coblos lagi,
    tapi di tandai dengan pulpen,,
    disilang atau dilingkari gitu…
    kalo nggak salah..

    mungkin kalo di coblos kesannya ga enak kali ya..

    hehehe..

    Comment by dHarto..!! | August 22, 2008 | Reply

  7. wah ga bisa nda, biasanya yg dicalonkan jadi wakil rakyat apalagi presiden itu udah doktor nda…. belum lagi harus sudah menjadi ustad n hafal banyak surat al-quran. Kalo gw mah masih jauuuuhhhhhhhh……

    Comment by gunsan | August 22, 2008 | Reply

  8. Duh gw harap gunadi mencalonkan diri di pemilu 2009….
    pasti gw nyoblos yg ada muka lo…

    Comment by nanda | August 22, 2008 | Reply

  9. namanya juga dedex gun..

    kan dia waktu di Jakarta hobi banget tuh ama yang namanya DonuTs,,

    di Aceh nggak ada kan dex..

    makanya ke Jakarta aja lagi..

    Comment by dHarto..!! | August 20, 2008 | Reply

  10. makanan lagi dah, ujung2 nya…..

    Comment by gunsan | August 19, 2008 | Reply

  11. yuuuk.. marii…
    qt mulai dari diri qt dl yuk…
    so, kedepan’a jd enak de, dan semoga bisa jadi panutan juga untuk orang2 terdekat bahkan banyak orang😉
    perbanyak tempat sampah gpp kali ya.. coz kaya’a dibanding jakarta yang masi terlihat sedikit ada tempat sampah, malah di sini lebih parah, susah bgt nyari tempat sampah umum, masa berapa kali pas lg di jalan dede harus berenti depan rumah orang n minta permisi n numpang buang sampah di bak sampah pribadi’a depan rumah😐 fiuh..

    Indonesia…. MERDEKA!!!!!🙂
    Hope Indonesia would be the number one donuts..
    *iklan dunkin donut😀 hehe

    Comment by cut fara | August 14, 2008 | Reply

  12. mari kita jadikan hal2 diatas menjadi sebuah kebiasaan baik dalam kehidupan kita sehari2, semoga orang disekitar kita pun juga melakukan hal yang sama.

    selamat HUT RI ke-63
    * w alumni 63 lho..!!😀

    Comment by dHarto..!! | August 14, 2008 | Reply

  13. sip!!!
    emang bener tu vin….
    apa lagi kemasan minuman mineral

    Comment by gunsanadi | August 14, 2008 | Reply

  14. Yang pasti ya gun

    sebelum membuang sampah, rusak dulu kemasan

    soalnya kalo di tempat sampah ada kemasan masih bagus

    ntar diambil buat malsuin produk

    huh

    jakarta tambah aneh aja

    Comment by vini | August 14, 2008 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: