Kosongempat’s Weblog

Alumni Budi Luhur Angkatan 04

Arti Hari Anak [complete]

Meskipun kebanyakan dari kita masih belum mempunyai anak, tidak ada salahnya coba kita bahas tentang anak dan sekitarnya. Kalau dilihat-lihat memang sangat sulit menjadi seorang orang tua di negara kita Indonesia ini, kesulitan ini muncul karena beberapa hal terutama lingkungan yang membawa efek terlalu besar untuk anak-anak. Coba kita lihat dari segi TV, program-program tv sekarang ini sangat jarang yang menyediakan acara khusus untuk anak-anak, kalaupun ada sering kali malah memberikan efek negetif kepada anak-anak, contoh lah si Entong…. pada beberapa episode entong dapat berubah menjadi entong yang lain yang bisa berbuat diluar kemampuan orang biasa, tentunya bagi anak yang masih berumur dibawah sepuluh tahun yang kurang bisa membedakan mana kenyataan dan khayalan akan menganggap hal ini serius, sebenarnya tokoh yang dapat berbuat diluar akal sehat bisa saja menjadi relevan jika saja dalam cerita terdapat sebuah proses perubahan atau proses pencapaian, ingat film Spiderman,

Peter Parker mendapat kekuatan super setelah digigit oleh seekor laba-laba hasil percobaan genetik, pada awalnya setelah sadar mempunyai tenaga yang besar dia mencoba mencari uang untuk dapat membeli mobil agar dapat mengajak Mary Jane, tapi apa yang terjadi uang hasil bertarung yang dijanjikan tidak diberikan, kemudian dia membiarkan seorang perampok kabur setelah merampok pemilik tempat pertarungan tadi sebagai bentuk balas dendam. Singkat cerita peter menyadari kematian pamannya dikarenakan tembakan peluru dari pistol perampok yang dibiarkan kabur sebelumnya, akhirnya peter sadar dan mulai saat itu dia menjadi pahlawan yang selalu membela kebenaran walaupun harus selalu berkorban. Proses inilah yang dibutuhkan anak-anak agar mengerti betul apa yang dilakukan untuk menjadi sesuatu yang berbeda.

Masih ada banyak hal yang sangat disayangkan dari cerita si entong, dari tata bahasa dan tingkah laku setiap tokoh yang ada. Selain entong sering kali beberapa media tv juga menampilkan sebuah cerita dimana ada pertengkaran hebat antara dua tokoh dan didalamnya terdapat tokoh anak kecil, tentunya hal ini akan membawa efek buruk bagi anak-anak padahal di Amerika hal seperti ini tidak pernah terjadi, karena ada sanksi hukumannya. Lalu apa yang kita bisa lakukan sebagai orang yang lebih tua ?

  1. Hal yang paling mudah adalah mendampingi mereka menonton tv, apabila kita terlalu sulit dalam masalah waktu kita bisa mencoba untuk….
  2. Menghilangkan beberapa chanel di tv yang kita nilai akan memberikan efek negatif pada anak.
  3. Membatasi durasi menonton tv pada anakjuga sangat diperlukan agar anak dapat mengerti bahwa ada banyak hal lain yang bisa dilakukan selain menonton tv.
  4. Bila anak-anak suka bermain video game, coba sortir dulu game sebelum game tersebut dimainkan oleh anak-anak, dan tentunya ada jadwal waktu untuk bermain video game.

sambungan :

Adapun hak-hak anak yang harus diberikan oleh orang tua adalah:

  1. Hak untuk hidup.
  2. Hak untuk mendapatkan nama yang baik.
  3. Hak menerima ASI.
  4. Hak mendapatkan pendidikan dengan pendidikan adab yang baik.
  5. Hak mendapatkan pengajaran dan pelajaran yang baik.
  6. Hak mendapatkan pengajaran dan keterampilan.
  7. Hak mendapat tempat yang baik di hati Orang tua.
  8. Hak mendapatkan kasih sayang.

sementara itu dalam islam ada beberapa hak anak yang perlu ditambahkan seperti :

  1. Hak disembelihkan aqiqah.
  2. Hak diberikan rizki yang thayyib.
  3. Hak mendapatkan pendidikan agama.
  4. Hak mendapatkan pendidikan sholat.
  5. Hak mendapatkan tempat tidur terpisah antara laki-laki dan perempuan.
  6. Hak mendapatkan pengajaran Al-Quran.

Karena itu hari anak yang telah kita lewati beberapa hari yang lalu harusnya menjadi saat dimana kita melakukan evaluasi pada diri orang tua atau orang yang dituakan atas apa-apa saja yang telah ia berikan kepada anak-anak.

July 23, 2008 - Posted by | Umum

20 Comments »

  1. //comment buat thread ini?

    Comment by langithujan | April 28, 2009 | Reply

  2. comment buat thread ini?

    Comment by langithujan | April 28, 2009 | Reply

  3. @fara : bukan dari pengalaman pribadi kan dek?

    hehehehe
    *nyumput ah

    Comment by vini | July 29, 2008 | Reply

  4. sip….!!!

    Comment by gunsanadi | July 29, 2008 | Reply

  5. yuph.. klo begitu nambain 1 nomer lg dunk,
    7. Hak Untuk Mendapatkan keadilan (perlakuan/pemberian) dalam keluarga

    *dikutip dari Mama&Aa..😀

    Comment by fara | July 29, 2008 | Reply

  6. @dede:
    kayaknya rizki yang thayyib itu rizki yang baik atawa yang halal.

    Comment by gunsanadi | July 29, 2008 | Reply

  7. @ dedex:
    udah di bilang kalo posting tuh jangan kaya nulis sms
    “hak’a” seharusnya “haknya” plis deh..!!

    Comment by dHarto..!! | July 28, 2008 | Reply

  8. semoga Hak2 anak yg telah dicantumkan saudara gunadi utk qt2 terpenuhi bagi qt2 sbg anak, dan akan memenuhi hak2 diatas kelak utk anak cucu qt :p, Dengan tetep memprioritaskan dan tidak lupa akan Kewajiban sebagai anak untuk mendapatkan hak’a ituh😉 amiin…

    @gun:
    pak, tu yg hak anak dalam islam yg nomer 2, mendapatkan rizki yg thayyib = mendapatkan keadilan kn ya?atau beda lg?:D

    @semua:
    miz u all bgt nie…🙂 hikz..

    Comment by dedeh | July 26, 2008 | Reply

  9. mau agnes monica kek, agnes mo kawin kek, vini da cutez kek, atau vini da jutex kek..

    yang penting tetep…

    dHartoqool@****.com atau dhartokrenn@*****.com

    bwahahaha….

    Comment by dHarto..!! | July 25, 2008 | Reply

  10. semakin bingung diriku membayangkannya…..

    Comment by gunsanadi | July 25, 2008 | Reply

  11. bandingin eza yayang ama agnes monica behh jauh banget

    bandingin vini ama agnes monica behh lebih jauh bangettt

    hehehehe

    Comment by vini | July 25, 2008 | Reply

  12. engga kok, becanda😛

    Comment by gunsanadi | July 25, 2008 | Reply

  13. bandingin apanya agnes monica nih gun??

    Comment by nanda | July 25, 2008 | Reply

  14. @darto :
    jadi inget agnes monica, di acara tralala trilili…..
    *bandingin ama sekarang*

    Comment by gunsanadi | July 25, 2008 | Reply

  15. @nanda:
    saran w sih kayak diatas itu, klo emang kita ga bisa dampingin mereka nonton, lebih baik chanel yang ga penting itu di apus aja dari tv kita. Klo punya uang lebih sih emang kayaknya lebih baik pakai tv kabel ya…??

    Comment by gunsanadi | July 25, 2008 | Reply

  16. @vini:
    Tapi memang nda semua sinetron itu slalu memberikan efek negatif si vin, ga’ baik juga kita men-generalisaskan kyak gitu.

    Comment by gunsanadi | July 25, 2008 | Reply

  17. Adalagi nih cerita yg sangat miris, dengernya aja kaget waktu kakak gw cerita hal itu setelah lihat beritanya di tv, gara2 si anak nonton tayangan yang ada adegan bunuh dirinya,
    si anak mempraktekkan adegan gantung diri, walhasil si anak beneran meninggal. Nyesek gak sih klo hal itu terjadi pada adik atau keponakan kita sendiri. Semoga kita bisa tetep terus pantau adik2 kita dalam menyimak tayangan2 tv.

    Comment by nanda | July 24, 2008 | Reply

  18. iya nek, inget tayangan jaman dulu..

    “Apakabar dunia??” kata Oki Lukman.

    tapi sekarang walaupun tayangan buat anak2 jumlahnya terbilang sedikit, masih ada acara seperti Jalan Sesama, Laptop si Unyil, Berita Anak dan Bocah Petualang yang kalo w bilang lumayan lah untuk di tonton anak2 daripada sinetron yang ngajarinnya dendam, iri hati, persaingan nggak sehat, gaya hidup yang wah melulu. huh.. (w paling anti sinetron)

    w masih seneng tuh liat acara Laptop si Unyil, abis pembahasannya menarik dan ada sisi edukasinya, truz juga sering jalan2 ke tempat2 yang menarik…😛

    ngemeng2 Papa T.Bob kemana ya?

    Comment by dHarto..!! | July 24, 2008 | Reply

  19. tauk niy, sinetron memang berdampak buruk buat anak2

    udah setel space toon aja tiap hari

    biar tayangannya kartun semua

    tapi film kartun aja banyak ngajarin kekerasan

    kayak kungfu panda aja

    Kalo gw pikir2

    dulu itu banyak banget acara anak-anak ya

    kayak krucil, ciluk ba, terus yang acara nyanyi anak2 di indosiar, terus ada klab-klib yang dibawain dea ananda, terus ada klak-klik

    terus penyanyi anak kecil juga gak ketulungan jumlahnya
    banyak banget

    sampe lagunya kripik singkong aja kita masih inget ampe sekarang

    tapi tetep aja yang terkenal si papa t. bob itu ya

    wah banyak banget

    tapi kok seiring waktu berjalan

    acara itu lama kelamaan jadi hilang yaa

    kenapa

    duch, ini mau komen apa curhat colongan siy

    ya sudahlah

    udah dulu ya

    pulsanya dah abis *jadi g nyambung gini

    Comment by vini | July 23, 2008 | Reply

  20. pertamax..

    emang tuh anak jaman sekarang,,duasar..

    btw, foto anak2nya mirip foto waktu di pulau bidadari.
    Jadi siapa yang ngikutin? anak2 kan!!😀

    Comment by dharto | July 23, 2008 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: