Kosongempat’s Weblog

Alumni Budi Luhur Angkatan 04

Efek Samping Minum Teh

Biasanya teman paling setia makan adalah minum teh, baik es teh maupun teh hangat. Tapi apakah kita tahu efek samping dari minum teh setelah makan?

Minum teh setelah makan terbukti bisa mengakibatkan anemia. Hal tersebut berdasarkan riset dari Bagian Kesehatan Ibu dan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang.

Minum teh paling tidak sejam sebelum atau setelah makan akan mengurangi daya serap sel darah terhadap zat besi sebesar 64 %. Pengurangan daya serap akibat teh ini lebih tinggi daripada akibat sama yang ditimbulkan oleh minum segelas kopi setelah makan. Kopi mengurangi daya serap hanya 39 %.

Pengurangan daya serap zat besi itu diakibatkan oleh zat tanin dalam teh. Selain mengandung tanin, teh juga mengandung kafein, polifenol, albumin, dan vitamin. Tanin bisa mempengaruhi penyerapan zat besi dari makanan terutama yang masuk kategori heme non-iron, misalnya padi-padian, sayur-mayur, dan kacang-kacangan.

“Bila kita makan menu standar plus segelas teh, zat besi yang diserap hanya setengah dari yang semestinya”

Menurut Dr. Rachmad Soegih, ahli gizi dari RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, zat tanin itu sendiri memang menghambat produksi hemoglobin. Kalau memang mau menghindari teh dan mendapatkan banyak zat besi, sebaiknya teh digantikan air jeruk sebagai peneman makan.

“Makan nasi pecel dengan jeruk memperbesar penyerapan zat besi bila dibandingkan dengan minum es teh”

Kenapa? Vitamin C ternyata memperbesar penyerapan zat besi oleh tubuh.

Apakah fakta ini membuat minum teh harus ”diharamkan” sama sekali? Jangan salah. Soalnya, teh mengandung zat lain yang berfungsi positif.

Ada kiat minum teh yang tepat, agar minuman ini tidak menghambat produksi zat besi dalam sel darah:

  • Teh akan berefek baik bagi tubuh bila dikonsumsi pada pagi dan sore, disertai karbohidrat dan protein, misalnya roti dan biskuit.
  • Kiat lain, memberikan jeda minum teh setelah makan, misalnya dua jam setelah makan.

Jeda itu diperlukan karena rentang waktu itu diperkirakan cukup bagi usus 12 jari dan usus halus bagian atas untuk melakukan proses penyerapan makanan.

Jadi, boleh-boleh saja menyeruput teh kapan pun, asal tidak setelah makan. So, tunggu apalagi, buat secangkir teh hangat sekarang dan nikmatin deh..

About these ads

July 2, 2008 - Posted by | Umum | ,

24 Comments »

  1. […] 5.    Makan buah setelah makanSelama ini buah-buahan lazimnya dikonsumsi setelah makan, sebagai hidangan pencuci mulut, padahal ini bukan kebiasaan yang baik. Kenapa demikian? Kita tahu bahwa buah banyak mengandung gas, makan buah sesudah makan, akan membuat perut menjadi kembung karena dipenuhi dengan udara.Menurut artikel yang saya baca di internet, makanan yang kaya karbohidrat seperti nasi, akan merangsang pankreas untuk memproduksi insulin. Sedangkan buah merupakan bahan makanan yang mengandung fruktosa sehingga dapat pula menimbulkan peningkatan kadar insulin. Jika makan nasi lebih dulu, pankreas akan bekerja berat untuk mengolah nasi dan protein yang ada dalam lauk pauk dan memerlukan waktu berjam-jam.Sehingga, jika buah dimakan setelah makan nasi, maka buah yang sudah berada di dalam perut akan mengalami antrian yang panjang untuk diproses sehingga menjadi busuk. Karena sifat buah yang tak bisa bertahan lama.Kebayang gak sih gimana beratnya kerja pankreas kita, jika kita langsung makan buah setelah makan. Belum selesai mencerna nasi beserta teman-temannya, sudah disuruh mencerna buah, ya mana mungkinlah. Yang ada malah perut menjadi dingin dan kembung, bukannya terserap tetapi malah jadi busuk.Jadi sebaiknya makan buah 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan supaya semua makanan yang masuk bisa terserap dengan baik.Ayo mulai sekarang terapkan kebiasaan makan dan minum yang benar, supaya apa yang kita konsumsi tidak terbuang percuma atau malah jadi sumber penyakit.Semoga bermanfaatBogor, 9 Februari 2011.Sumber:http://www.wikimu.com/news/DisplayNews.aspx?id=5203https://kosongempat.wordpress.com/2008/07/02/efek-samping-minum-teh/http://masandry.com/?p=1839http://bestbio4life.com/makanan-yang-tidak-bisa-dicampur-dengan-susu/http://artikel-info-kesehatan.blogspot.com/2009/06/minum-teh-jangan-dicampur-susu.htmlhttp://www.kaskus.us/showthread.php?t=6879901 […]

    Pingback by suka makan nasi terus minum teh ? siap – siap mati kehabisan darah ><, | hellohurisfadiary. | June 2, 2014 | Reply

  2. Aq sering pusing mendadak,,ngaruh ga tuh gara2 kebanyakan minum teh,,, pdhl ga pke gulaa,,.,

    Comment by novi | July 16, 2013 | Reply

  3. wow….aku kalau makan pagi, siang dan malam pasti minumnya teh…gimana ya?

    Comment by Agus Wahidin | November 2, 2011 | Reply

    • intinya sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. so, minumlah teh sesuai dengan porsinya setiap hari, semoga manfaat kebaikan teh anda dapatkan.

      Comment by dharto | November 3, 2011 | Reply

  4. kenapa imfo sprti ini tdk d publikasikn d media tv agar dketahui masyarakat khalayak banyak. semoga info ini tdk menimbulkan kontroversi baru d republik ini (nazarudin.com)

    Comment by tan syawaludin | August 10, 2011 | Reply

  5. waduh ternyata ada efek samping nya juga yo, aduh2

    Comment by pulzzahut | June 13, 2011 | Reply

    • well jadi serba salah nieh,, sebenarnya efek positifnya uda aku alami sewaktu rutin minum green tea.aku ga gemuk,tp setelah berhenti aku malah jadi gemuk..gmna dunkk???

      Comment by rosi | July 30, 2011 | Reply

  6. jgn so tau kau

    Comment by sandi | December 28, 2010 | Reply

  7. wiiiii kjammm ;’(

    Comment by febby | December 6, 2010 | Reply

  8. kalo efek samping mnm teh hijau ada ga….

    Comment by Nessa | July 30, 2010 | Reply

  9. thx infonya

    Comment by GRACE | July 6, 2010 | Reply

  10. teh ijo merupakan anti aging yang alami…love it banget dah…

    Comment by bunda neehal | April 21, 2010 | Reply

  11. Berapa batasan max. Dlm minum teh hijau stiap hari?apakah teh hijau mpy efek samping yg menimbulkan penyakit?bgmn cara menurunkan berat badan dg teh hijau?trims

    Comment by Dian | April 6, 2009 | Reply

  12. [...] Efek Samping Minum Teh [...]

    Pingback by KaMaR GuE !!! » Blog Archive » Efek Samping Minum Teh | September 8, 2008 | Reply

  13. [...] banyak kan manfaat dari teh. Tapi, disamping bermanfaat ada juga lho efek samping dari minum teh disaat yang nggak [...]

    Pingback by Manfaat Teh « Budayat’s Weblog | August 14, 2008 | Reply

  14. @ krebo:
    kayanya sama aja kali ya!
    yang penting itu tadi diperhatiin waktu2 minumnya

    @ dedeh:
    lo sih apa aja masuk makanan,
    nggak ada pantangan
    nggak heran tumbuh kesamping

    @ vini:
    turut berduka cita..

    Comment by dHarto..!! | July 28, 2008 | Reply

  15. Duch BT plurk diblok, blogsome diblok, semua diblok ,. BeTeeee
    ~x(

    Comment by vini | July 28, 2008 | Reply

  16. kaya’a green tea (teh hijau) itu lebih baik ;)
    tp kadang tu jg tergantung ma boy qt yg ngrespon tiap zat yg masuk tu gmn…
    klo dedeh mah.. alhamdulillah ga ada pantangan tuh 8) huwewewe.. amin

    Comment by dedeh | July 26, 2008 | Reply

  17. Kalo teh celup gmn?Sama aja kah?

    Comment by Krebo | July 25, 2008 | Reply

  18. kalau minum air teh bisa berpengaruh dengan pembentukan batu ginjal…dan apakah yg terdapat gejala batu ginjal boleh minum air teh..
    —————————————————————————————————
    wah, sepertinya kalo untuk orang yang punya gejala batu ginjal lebih baik minum air putih. Lebih bagus tuh.

    Comment by kuncoro | July 7, 2008 | Reply

  19. liat gw aja biar manis…..
    *jawaban paling klise & standar abad ini

    Comment by nanda | July 4, 2008 | Reply

  20. Makanya vin bikin tehnya jgn sambil ngaca hihihi..
    Tipsnya jgn terlalu kentel pas bikin tehnya. :D

    Comment by iRene | July 4, 2008 | Reply

  21. laper niy ,.

    gimana caranya bikin es teh manis yang enak ya

    coz kalo di rumah

    gak pernah bisa bikin es teh manis yang enak

    pasti pahit mulu bawaannya

    Comment by vini | July 3, 2008 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: